Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SDN 4 PALU
Nama: ZAIMUL AFIF MAHZUM
Tahun: 2023
Abstrak
Zaimul Afif Mahzum. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar IPA kelas V Di Sdn 4 Palu. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nur Rahma,S.Si., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar IPA kelas V Di Sdn 4 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh Peserta didik kelas V SDN 4 Palu dengan jumlah 29 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar IPA dalam bentuk pilihan ganda. Tes hasil belajar tersebut telah diuji cobakan untuk ditentukan validitasnya. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji dependen sampelt test yang dianalisis menggunakan IBM SPSS statistic versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikan 0,000 dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Diketahui bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka menerima Ha dan menolak Ho, artinya Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar Peserta didik. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Ipa kelas V Di Sdn 4 Palu Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, Hasil Belajar IPA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up