JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN INPRES LIK LAYANA INDAH |
Nama: NI WAYAN KRISTINA YANTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Ni Wayan Kristina Yanti, 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Audio-Visual Pada Pembelajaran IPA Kelas V Di SDN Inpres Lik Layana Indah. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nur Rahma, S.Si., M.Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media audio visual pada pembelajaran IPA kelas V di SDN Inpres Lik Layana Indah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Tanggart. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Inpres Lik Layana Indah yang berjumlah 35 orang. Analisis data terdiri dari analisis lembar observasi aktivitas siswa,aktivitas guru dan analisis data tes hasil belajar.Pelaksanaan tes awal diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 37,14%. Pada siklus I dan siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 60?n 85,71%. Hasil aktivitas siswa siklus I dan Siklus II sebesar 74,47?n 94,11%. Hasil aktivitas guru pada siklus I dan siklus II sebesar 75?n 93,75%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V pada pembelajaran IPA di SDN Inpres Lik Layana Indah. Kata Kunci : Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Media AudioVisual, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPA |