JudulIdentifikasi Budaya Lokal Daerah Tolitoli Sebagai Sumber Pembelajaran Di Sekolah Dasar |
Nama: NURUL FITRIANI AMALIA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Nurul Fitriani Amalia, 2023. Identifikasi Budaya Lokal Daerah Tolitoli Sebagai Sumber Pembelajaran di Sekolah Dasar. Hasil program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Herlina, S.Pd., M. Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daftar budaya lokal di kabupaten Tolitoli yang dapat dijadikan sumber pembelajaran di kelas IV sekolah dasar. Untuk mengetahui integrasi budaya lokal di Kabupaten Tolitoli sebagai sumber pembelajaran di kelas IV SD dengan tema pembelajaran. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tolitoli. Teknik pengumpulan data wawancara dan studi literatur. Data dianalisis dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu Budaya lokal di Kabupaten Tolitoli yang dapat dijadikan sumber pembelajaran di kelas IV sekolah dasar adalah Olahraga Tradisional, Tradisi Lisan, Tarian Tradisional dan Cagar Budaya. Langkah mengintegrasikan budaya lokal di Kabupaten Tolitoli sebagai sumber pembelajaran di kelas IV SD yaitu dengan menyesuaikan dengan mata pelajaran masing-masing objek budaya, seperti Olahraga Tradisional untuk mata pelajaran penjasorkes, Tradisi Lisan mata pelajaran sejarah, Tarian Tradisional mata pelajaran Seni Budaya dan Cagar Budaya pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci: Budaya Lokal, Tolitoli, Sumber Belajar |