Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALU MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN INPRES LIK LAYANA INDAH
Nama: WIWI TRISNAWATI
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Wiwi Trisnawati (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Inpres LIK Layana Indah.Skripsi Programstudi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbinng : Dr. Nashrullah, S.Pd.I., M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatife learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS di kelas V SDN Inpres Lik Layana Indah? Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan ModelKooperatife learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Inpres Lik Layana Indah pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Inpres LIK Layana Indah. Denagan subyek penelitian adalah Kelas V yang berjumlah 35 siswa yang terdafttar pada tahun 2022/2023. penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan MC. Tanggrat yang terdiri atas dua siklus pada setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS. Teknik pengumpulan data aktivitas belajar siswa dikumpulkan menggunakan lembar observasi, hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tekniik kuantitatif. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian, pra tindakan ketuntasan klasikal 28,57%. Pada tindakan siklus I presentase ketuntasan klasikal 57,14%. dan meningkat pada tindakan siklus II dengan presentase ketuntasan 85,71%. Aktivitas guru dan siswa pada tindakan siklus I rata-rata masuk dalam kategori kurang, meningkat pada tindakan siklus II masuk dalam kategori Rata-rata sangat baik. Disimpulkan bahwa kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata ppelajaran IPS SDN Inpres LIK Layana Indah Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, hasil belajar siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up