JudulPengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Di SD Inpres Bumi Sagu |
Nama: FIRDA AYU LESTARI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sd Inpres Bumi Sagu. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Sarintan N Kaharu, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran ipa di SD inpres bumi sagu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres Bumi Sagu dengan jumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar IPA dalam bentuk pilihan ganda. Tes hasil belajar tersebut telah diuji cobakan untuk ditentukan validitasnya. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji dependen sampel t test yang dianalisis menggunakan IBM SPSS statistic versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikan 0,000 dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Diketahui bahwa nilai signifikan 0,000 ? 0,05 maka menerima Ha dan menolak Ho, artinya model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media audio visual berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media audio visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sd Inpres Bumi Sagu. |