Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembangan Bahan Ajar Luas Trapesium Dengan Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Di SDN 15 Palu
Nama: DUWITA GONI
Tahun: 2023
Abstrak
Duwita Goni (2023), “Pengembangan Bahan Ajar Luas Trapesium dengan Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing di SDN 15 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako, Pembimbing Dra. Hj. Akina, M.Pd Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan yaitu bahan ajar luas trapesium dengan menggunakan metode penemuan terbimbing di SDN 15 Palu. Jenis penelitian berupa penelitian Reasearch and Development (R&D). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan Borg and Gall. Prosedur pengembangan hanya menggunakan 7 tahap, yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan draf produk, 4) Uji coba lapangan awal, 5) Revisi hasil uji coba lapangan awal, 6) Uji coba lapangan utama, dan 7) Penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Penelitian ini dilakukan di SDN 15 Palu dengan sampel peserta didik di kelas VI dan kelas V. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh nilai rata-rata 4.1 dengan kriteria “baik” dan oleh ahli media 4.5 dengan kriteria “sangat baik” maka diindikasikan bahwa bahan ajar valid digunakan. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik dan guru pada uji coba lapangan utama, bagi peserta didik diperoleh nilai rata-rata 4.4 dan bagi guru 4.6 dengan kriteria keduanya “sangat baik” yang mengindikasikan bahwa bahan ajar praktis digunakan. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan utama dapat diketahui bahwa bahan ajar luas trapesium dengan menggunakan metode penemuan terbimbing di SDN 15 Palu valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : Bahan Ajar, Luas Trapesium, Penemuan Terbimbing

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up