JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Berbantuan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran (PA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Bumi Sagu |
Nama: NI NENGAH LENI LESTARI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Ni Nengah Leni Lestari, 2023 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Berbantuan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Bumi Sagu, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Nur Rahma, S.Si.,M. Pd Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) berbantuan media pop up book untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Bumi Sagu Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis Mc Taggart yang dilakukan secara bersiklus Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Bumi Sagu yang berjumlah 25 orang Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 32%. Hasil aktivitas guru siklus I sebesar 79,17?n hasil aktivitas guru pada siklus II sebesar 95,83%, sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II sebesar 60,71?n 92,86?rdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) berbantuan media pembelajaran Pop Up Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV Materi selalu berhemat energi di SD Inpres Bumi Sagu. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Tohether (NHT), Media Pop Up Book, Hasil Belajar |