JudulAnalisis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Seni Tari Torata Kelas IV SD Inpres Bumi Sagu |
Nama: DEVIRA BITRI RATURAMIS |
Tahun: 2024 |
Abstrak Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pendidikan karakter pada pembelajaran seni tari torata pada kelas IV SD Inpres Bumi Sagu dengan jumlah resmponden 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi dengan teknik “Analisis Deskriptif”. Dari hasil penelitian ini yaitu dengan jumlah responden sebanyak 20 orang siswa dengan menggunakan empat acuan nilai-nilai karakter (religious, disiplin, kreaktif dan tanggung jawab), yang kemudian diuraikan dalam 20 nomor pernyataan menunjukan bahwa nilai pendidikan karakter yang tedapat dalam pembelajaran seni tari torata di kelas IV dengan rata – rata – rata tingkat persentase 70,7% atau klasifikasi baik. Hal ini meenunjukan pembelajaran seni tari torata di kelas IV SD Inpres Bumi Sagu memberikan peran dalam pembentukan nilai karakter yaitu diantaranya religious, disiplin, kreatif dan tanggung jawab. Pernyataan dari hasil wawancara dan observasi dalam penelitian ini juga menyatakan bahwa pembelajaran seni tari torata memberikan peran dalam pembentukan nilai pendidikan karakter yang diantaranya religius, disiplin, kreatif, dan tanggung jawab. |