JudulANALISIS FAKTOR PSIKOLOGI DALAM MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD INPRES 3 TONDO KOTA PALU |
Nama: CHINDY ANGELLINE |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Chindy Angelline, 2024. “Analisis Faktor Psikologi Dalam Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Inpres 3 Tondo Kota Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Andi Imrah Dewi, S.Pd,.M.Sn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor psikologi dalam membaca permulaan siswa kelas I SD Inpres 3 Tondo Kota Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan tersedianya referensi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor psikologi dalam membaca permulaan siswa di kelas I ini adalah kurangnya minat, bakat, motivasi dari dalamdiri siswa itu sendiri untuk belajar membaca, hal ini juga didukung dengan lingkungan keluarga dan sekolah. Yang pertama, kurangnya dukungan dan motivasi dari orang tua dan keluarga terhadap siswa dengan tidak adanya perhatian khusus yang diberikan kepada siswa dalam mengajarkan siswa membaca permulaan dirumah, yang kedua tidak adanya kreativitas guru dalam mengajarkan siswa membaca serta tidak adanya fasilitas dari sekolah yang mendukung proses pembelajaran. Ada pun upaya strategi yang digunakan guru dalam mengatasi hambatan membaca permulaan siswa adalah guru kelas lebih memprioritaskan, memberikan pelatihan khusus anak-anak yang mengalami kesulitan, hubungan kerjasama yang baik antara guru dan orang tua siswa selalu memantau anak dalam belajar membaca, minat siswa harus dikembangkan dan dilatih terus menerus. Adapaun bentuk-bentuk hambatan yang dihadapi siswa Kelas I SD Inpres 3 Tondo Kota Palu dalam belajar membaca permulaan adalah sebagai berikut: 1) siswa sulit membaca abjad dengan lafal yang tepat, siswa sulit menunjukkan dan menyebutkan huruf vokal, siswa sulit menunjukkan dan menyebutkan huruf konsonan, siswa sulit menyebutkan beberapa bunyi gabungan huruf vokal dan konsonan, siswa sulit mengeja suku kata yang diinstruksikan. Kata Kunci : Analisis, Faktor Psikologi, Membaca Permulaan |