Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PERAN GURU DALAM PROSES KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 7 LABUAN
Nama: LISA
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Lisa, 2022, “ Analisis Peran Guru Dalam Proses Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 7 Labuan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Dr. Andi Imrah Dewi, S,Pd., M.Sn Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam proses kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 7 Labuan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 7 Labuan dengan jumlah siswa 14 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 7 perempuan,dan Guru kelas IV. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, angket,observasi,wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dinilai dan dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan analisis data kuantitatif sebagai pendukungnya.Data kualitatif yaitu data yang sifatnya deksriptif, keterangan maupun informasi yang tidak berupa angka.Adapun data kuantitatif yaitu data yang berupa angka-angka dalam angket. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 14 orang siswa yang menjadi responden, maka dapat dilihat presentase jawaban sangat baik 7 siswa atau yang menjawab sebesar 56%, sedangkan 4 siswa atau 34% yang menjawab baik, kemudian 2 atau 9% siswa yang menjawab cukup baik dan 1 orang siswa atau 1 % yang menjawab kurang. Jadi berdasarkan data tersebut dapat dismpulkan bahwa dari 4 alternatif jawaban yang tersedia, siswa lebih banyak memilih sangat baik dan paling sedikit memilih kurang. Hal ini berarti Peran Guru sudah sesuai . Kata Kunci : Peran Guru, Kreatif Belajar, Mata pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas IV SDN 7 Labuan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up