JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJ?R SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL POP UP BOOK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPA DIKELAS V SDN INPRES 3 TALISE |
Nama: NI KOMANG ERIK SETIAWATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Ni Komang Erik Setiawati, 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Visual Pop Up Book Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN Inpres 3 Talise. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unversitas Tadulako. Pembimbing Nur Rahma, S.Si., M.Pd Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya KKM yang dicapai oleh peserta didik, yang disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru serta kurangnya media belajar yang bervariasi dalam mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Hal ini mengakibatkan proses pembelajaran yang dilakukan kurang menarik dan membuat peserta didik merasa bosan dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media pop up book dengan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Inpres 3 Talise. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Inpres 3 Talise yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe STAD mampu menciptakan aktivitas belajar menjadi aktif dan menyenangkan melalui kerjasama, saling membantu dan memotivasi dalam kelompok. Penggunaan media pop up book mampu memberikan pengalaman belajar yang baru bagi siswa. Selain itu, adanya tampilan visual yang didesain dengan kreatif dan inovatif oleh guru menjadikan siswa lebih kosentrasi terhadap materi dan antusias dalam belajar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar. Hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 26,09% yang diperoleh dari hasil belajar pada siklus I sebesar 60,86?n siklus 2 sebesar 86,95%. Selain itu, aktivitas guru meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 13,33?n aktivitas siswa meningkat sebesar 16,66%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop up book dengan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Inpres 3 Talise. Kata kunci: Media Pop up book, Model Kooperatif STAD, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA |