Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE BERMAIN PERAN KELAS IV SDN SIBONU KECAMATAN DOLO BARAT KABUPATEN SIGI
Nama: AKBAR RAMADAHAN
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Akbar Ramadhan (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Bermain Peran dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Sigi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN Sigi, melibatkan 18 orang siswa terdiri atas 8 orang laki-laki dan 10 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan diperoleh ketuntasan klasikal 27,27?n daya serap klasikal 61,67%. Pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 36,36?n daya serap klasikal 60% sedangkan pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100?n daya serap klasikal 81,11%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 70?n ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS di SDN Sigi. Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up