Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI TEMA 1 SUB TEMA 3 “MANUSIA DAN LINGKUNGAN” MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SD NEGERI TETE.B
Nama: NUFAIZA S. ALI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Nurfaiza S. Ali (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah SD Negeri Tete B. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Rizal. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sehingga perlu ada perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas yang dilakukan secara bersiklus, Adapun setiap siklus terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SD Negeri Tete B. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari Siklus I hasil Pra Tindakan, analisis hasil belajar siswa untuk daya serap klasikal mencapai 51% sedangkan ketuntasan belajar klasikal hanya mencapai 45%. Hasil tindakan siklus I, analisis hasil belajar siswa untuk daya serap klasikal mencapai 67,75% sedangkan ketuntasan belajar siswa untuk daya serap klasikal mencapai 85,00% sedangkan ketuntasan belajar klasikal mencapai 100%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up