JudulUpaya Guru Dalam Mengembangkan Nilai Karakter Siswa Kelas V Di SDN Inpres 2 Talise |
Nama: AKIDA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Akida, (2023). Upaya Guru dalam Mengembangkan Nilai Karakter Siswa Kelas V di SDN Inpres 2 Talise. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Zulnuraini, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan nilai karakter siwa kelas V di SDN Inpres 2 Talise dan 2) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan nilai karakter siswa kelas V di SDN Inpres 2 Talise. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrument penelitian lembar observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru kelas V, guru pendidikan agama islam dan guru olahraga. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) upaya guru dalam mengembangkan nilai karakter siswa kelas V di SDN Inpres 2 Talise yaitu dengan mengembangkan nilai-nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, nasionalisme, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab sudah sangat baik dan 2) faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan nilai karakter siswa kelas V di SDN Inpres 2 Talise dari faktor eksternal adalah keluarga seperti kurang mendapatkan perhatian dikarena kesibukan orang tuanya, dari lingkungan pergaulan yang belum mendukung dan guru menjadi faktor pendukung yang selalu menjadi teladan dapat memberikan nasihat positif sedangkan dari faktor internal adalah anak itu sendiri yaitu kepribadian anak itu. Kata kunci : guru, nilai karakter. |