Judul MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL TIPE TIEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN INPRES 3 TALISE |
Nama: NI KOMANG RANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Ni Komang Rani, 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Audio Visual pada pembelajaran IPA Kelas IV SDN Inpres 3 Talise. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulaku. Pembimbing Dr. Andi Imrah Dewi, S.Pd., M.Sn Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Audio Visual pada pembelajaran IPA Kelas IV SDN Inpres 3 Talise. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Tanggart. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Inpres 3 Talise dengan jumblah siswa 20 orang. Analisis data terdiri dari lembar observasi aktivitas siswa, aktivitas guru dan data tes hasil belajar. Pelaksanaan tes awal diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 30% pada Siklus I dan Siklus II di peroleh ketuntasan belajar siswa sebesar 65?n 85%. Hasil aktivitas siswa siklus I dan siklus II sebesar 71,8?n 81,25%. Hasil aktivitas guru siklus I dan siklus II sebesar 71,4?n 85,22%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Inpres 3 Talise. Kata Kunci : Model Teams Games Tournament (TGT), Media Audio-Visual, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPA |