JudulANALISIS DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA PEMBELAJARAN DARING DITINJAU DARI PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS V SDN INPRES 3 TONDO KOTA PALU |
Nama: SRI SURYANTI ABD RAHMAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK SRI SURYANTI ABD RAHMAN, A 401 19 102. “Analisis Dampak Negatif Penggunaan Smartphone Pada Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Perilaku Belajar Siswa Kelas V SDN Inpres 3 Tondo Kota Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr.Nashrullah,S.Pd.I.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak negatif penggunaan smartphone pada pembelajaran daring ditinjau dari perilaku belajar siswa kelas V SDN Inpres 3 Tondo Kota Palu. untuk mengetahui penggunaan smartphone dikalangan siswa kelas V SDN inpres 3 tondo dalam pembelajaran daring serta untuk mengetahui dampak negatif smartphone terhadap perilaku belajar siswa kelas V SDN Inpres 3 Tondo Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkap gejala secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks atau apa adanya melalui pengumpulan data dengan latar alami sebagai sumber langsung dengan instrumen kunci penelitian itu sendiri. Maka dalam penelitian ini peneliti melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dampak negatif dari penggunaan smartphone yaitu: (1) kecanduan bermain smartphone, (2) menurunnya kedisiplinan siswa, (3) siswa menjadi sering berbohong, (4) lambat dalam menerima pembelajaran, dan (5) mempengaruhi perilaku siswa. Faktor yang menyebabkan timbulnya dampak negatif tersebut yaitu: (1) kurangnya pengawasan, pendampingan, dan pembatasan penggunaan smartphone dari orangtua, (2) orangtua selalu menuruti segala keinginan siswa, (3) kecanduan game online, dan (4) pengaruh dari lingkungan bermain siswa. Upaya yang telah dilakukan untuk meminimalisir timbulnya dampak negatif yaitu: (1) guru memberikan jadwal pembelajaran daring yang jelas, (2) orangtua memberi batasan waktu dalam penggunaan smartphone, dan (3) orangtua memantau aplikasi yang digunakan oleh siswa. Kata kunci : Dampak Negatif; Smartphone; Pembelajaran Daring, Perilaku Belajar Siswa Abstrak SRI SURYANTI ABD RAHMAN, A 401 19 102. “Analysis of the Negative Impacts of Using Smartphones in Online Learning in View of the Learning Behavior of Class V Students at SDN Inpres 3 Tondo City, Palu”. Thesis. Elementary School Teacher Education Study Program. Department of Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University, Advisor Dr.Nashrullah,S.Pd.I.,M.Pd This study aims to determine the negative impact of smartphone use on online learning in terms of the learning behavior of fifth grade students at SDN Inpres 3 Tondo, Palu City. to find out the use of smartphones among fifth grade students at SDN Inpres 3 Tondo in online learning and to find out the negative impact of smartphones on learning behavior of fifth grade students at SDN Inpres 3 Tondo, Palu City. The type of research used in this research is qualitative. Qualitative research is research that is intended to reveal symptoms as a whole and in accordance with the context or what they are through collecting data with a natural background as a direct source with the key research instruments themselves. So in this study the researchers conducted observations, interviews and documentation. The results of this study explain that the negative impacts of using smartphones are: (1) addicted to playing smartphones, (2) decreased student discipline, (3) students often lie, (4) are slow in accepting learning, and (5) affect student behavior. Factors that cause these negative impacts are: (1) lack of supervision, assistance, and restrictions on smartphone use from parents, (2) parents always comply with students' wishes, (3) online game addiction, and (4) the influence of the student's playing environment. Efforts that have been made to minimize negative impacts are: (1) teachers provide a clear online learning schedule, (2) parents set time limits on smartphone use, and (3) parents monitor applications used by students. Keywords: Negative Impact; Smartphones; Online Learning, Student Learning Behavior |