JudulPengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Every One Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di SD Inpres Bumi Sagu |
Nama: NURSILA YAMALIA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe every one is a teacher here terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD inpres Bumi Sagu. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Adapun subyek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Inpres Bumi Sagu dengan jumlah siswa 29 orang. Desain penelitian yang digunakan yaitu one grup pretest-posttest design. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar IPA dalam bentuk pilihan ganda. Instrument tes tersebut telah di uji cobakan untuk menentukan validitasnya. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji dependent sampel-t test yang dianalisis menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,000 < 0,005 maka menerima Ha : Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe every one is a teacher here terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Bumi Sagu dan menolak Ho : Tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe every one is a teacher here terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Bumi Sagu, artinya model pembelajaran kooperatif tipe every one is a teacher here terdapat pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Every One Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SD Inpres Bumi Sagu. |