JudulImplementasi Pembelajaran Tari Torata Dalam Meningkatkan Minat Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran SBdP Di SD Inpres Bumi Sagu |
Nama: UMMI RAHMA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Implementasi Pembelajaran Tari Torata Dalam Meningkatkan Minat Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran SBdP di SD Inpres Bumi Sagu, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Tari Torata Dalam Meningkatkan Minat Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran SBDP Di SD Inpres Bumi Sagu. Subjek peneltian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa, 6 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, angket,observasi,wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dinilai dan dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan analisis data kuantitatif sebagai pendukungnya. Data kualitatif yaitu data yang sifatnya deksriptif, keterangan maupun informasi berupa angka. Adapun data kuantitatif yaitu data yang berupa angka-angka dalam angket. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan adanya pembelajaran tari torata ini minat siswa dalam pembelajaran SBdP dapat meningkat, hal ini dibuktikan dengan adanya ketertarikan untuk belajar, siswa aktif bertanya, terutama pada saat pembelajaran seni tari cenderung aktif, dan juga keterlibatan siswa dalam belajar pada saat dikelas. Kemudian hasil angket yang menunjukkan dari 20 responden siswa dapat dilihat dari presentase jawaban sangat setuju 61,5%, sedangkan 34% menjawab setuju, 3,75 % menjawab kurang setuju dan 0,75% menjawab tidak setuju. Jadi berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dari 4 alternatif jawaban yang tersedia, siswa lebih banyak memilih sangat setuju dan paling sedikit memilih tidak setuju. Hal ini berarti para siswa di kelas sudah menunjukkan minatnya dalam mata Pelajaran SBdP sesuai yang diharapkan. |