JudulPeningkatan Kemampuan Menyimak Teks Pendek Melalui Media Audio Siswa Kelas V SDN 11 Palu |
Nama: ROSITA BADUGE |
Tahun: 2023 |
Abstrak Rosita Baduge, 2023. Meningkatkan Kemampuan Menyimak Teks Pendek Siswa Kelas V SDN 11 Palu Melalui Media Audio. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muhammad Aqil S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak teks pendek melalui media audio kelas V SDN 11 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek Penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 11 Palu yang berjumlah 26 orang siswa. Dalam pelaksanaan tindakan observasi guru siklus I diperoleh persentase rata-rata 75%, dan observasi siswa siklus I diperoleh persentase rata-rata 60%. Pada pelaksanaan tindakan observasi guru siklus II diperoleh persentase ratarata 83%, dan observasi siswa siklus II diperoleh persentase 80%. Pelaksanaan tes awal diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 38,46%. Pada siklus I dan siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 65,38?n 80,78%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan media audio dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V pada menyimak teks pendek di SDN 11 Palu. Kata Kunci : Media Audio, Hasil belajar, Menyimak teks Pendek |