JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE INKUIRI DI KELAS IV SD NEGERI 16 SINDUE |
Nama: RIRIN FARADITA SARI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Ririn Faradita Sari (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Melalui Metode Inkuiri dikelas IV SDN 16 Sindue. Skripsi Program Studi Universitas Tadulako. Dr. Arif Firmansyah, S.Pd., M.Pd. Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 16 Sindue pada mata pelajaran IPS, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode inkuiri dikelas IV SDN 16 Sindue. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SDN 16 Sindue. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan hasil belajar siswa siklus I dengan ketuntasan belajar klasikal 36,84?n daya serap klasikal 62,10?n hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal 100?n daya serap klasikal mencapai 90,52%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Inkuiri, IPS |