Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 7 LABUAN
Nama: SILVA SISKA JUNIANTI
Tahun: 2023
Abstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas V SDN 7 Labuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran role playing pada pelajaran IPS di kelas V SDN 7 Labuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 7 Labuan melibatkan 18 orang siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan MC Taggart yang terdiri atas dua siklus dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra tindakan diperoleh ketuntasan belajar klasikal 22,22?n daya serap klasikal 46,66% sedangkan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal 66,66?n daya serap klasikal 68,33% serta pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 100?n daya serap klasikal 88,88%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan, berdasarkan ketuntasan belajar klasikal dan daya serap klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran IPS di SDN 7 Labuan. Kata kunci : model role playing, Hasil belajar, pelajaran IPS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up