JudulIMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VB SDN 24 PALU |
Nama: ARMILA SALSABILA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Armila Salsabila, 2023. Implementasi Pendekatakan Kontekstual Dalam Pembelajaran Pkn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB SDN 24 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Arif Firmansyah, S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas VB SDN 24 Palu dengan mengimplementasikan pendekatan kontekstual. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas VB SDN 24 Palu berjumlah 24 siswa, terdiri dari 11 laki-laki dan 13 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas empat tahap, yaitu 1) Perencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Pada penelitian ini terdapat dua jenis data yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) 41,66?n daya serap klasikal (DSK) 62,5%. Sedangkan pada siklus II menunjukkan ketuntasan belajar klasikal (KBK) 83,33?n daya serap klasikal (DSK) 80,83%. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan pada ketuntasan belajar klasikal (KBK) yaitu 41,67%, dari siklus I 41,66?n siklus II 83,33%. Begitu juga pada daya serap klasikal (DSK) terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 18,33%, dari siklus I 62,5?n siklus II 80,83%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar Pkn siswa kelas VB SDN 24 Palu. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran PKn |