JudulAnalisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV SD Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD Al-Khairaat Labuan Kungguma |
Nama: NUR AFNI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan membaca siswa kelas IV SD melalui pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Al-Khairaat Labuan Kungguma. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca siswa kelas IV SD melalui pembelajaran bahasa indonesia di SD Al-Khairaat labuan kungguma. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 7 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Melalui hasil observasi siswa pada saat mata pelajaran bahasa indonesia, rata-rata siswa kelas IV sudah lancar membaca, mampu membedakan huruf yang hampir mirip, serta menyimak dan sudah memahami apa yang dibacakan sembari dijelaskan oleh guru. Akan tetapi peneliti melihat ada 1 siswa yang belum bisa membaca. Siswa tersebut hanya duduk dan diam selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil wawancara bersama guru kelas IV dan Kepala Sekolah ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa yang tidak bisa membaca diantaranya yaitu karena kurangnya pengetahuan tentang huruf, lebih banyak bermain dibanding belajar, serta kurangnya dorongan belajar dari orang tua dalam hal belajar di rumah. Upaya yang dilakukan oleh guru dan kepala sekolah dalam menghadapi siswa yang belum bisa membaca tersebut menumbuhkan kemauan belajar siswa dan memberikan perhatian khusus. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas IV termasuk dalam kategori sangat baik. Karena dari 7 orang jumlah keseluruhan siswa kelas IV hanya ada 1 siswa yang belum bisa membaca. Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Membaca |