JudulKOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MATA PELAJARAN IPS KELAS ? DI SD INPRES TOSONDE |
Nama: MUH. SALEH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Saleh, M. 2022. Kompetensi pedagogik guru terhadap mata pelajaran IPS di kelas ? SD Inpres Tosonde. Hasil program studi pendidikan guru sekolah dasar, jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (?) Rizal S.Ag., M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru terhadap mata pelajaran IPS. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas ? SD inpres Tosonde yang berjumlah 24 orang. Terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data berupa observasi, lembar angket, lembar wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan skala linkert. Hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi pedagogik guru terhadap mata pelajaran IPS kelas ? SD Inpres Tosonde berada pada kategori baik. Dimana, pengkategorian tersebut dapat dilihat pada guru yang menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran yang mendidik, memanfaatan teknologi nformasi dan komunikasi, menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses hasil belajar. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kuantitatif Deskriptif, guru, IPS, Karakteristik. |