Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGGUNAAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUANMEMBACA PERMULAANSISWA KELAS II SDN 9 PALU KELURAHAN BARU KECAMATAN PALU BARAT
Nama: ANA DWIYANA
Tahun: 2023
Abstrak
Ana Dwiyana 2023. “Penggunaan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Meningkatkan KemampuanMembaca PermulaanSiswa Kelas II SDN 9 Palu Kelurahan Baru Kecamatan Palu Barat ”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Muhammad Aqil, SPd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuanmembaca permulaan menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS). Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dan diterapkan pada siswa kelas II SDN 9 Palu, dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian tindakan ini mengacu pada model Arikanto yang meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Hasil kemampuan membaca permulaan pada siklus I diperoleh persentase daya serap klasikal sebesar 68,26% serta persentase ketuntasan belajar klasikal 50%. Sedangkan siklus II diperoleh persentase daya serap klasikal 80,44% serta persentase ketuntasan belajar klasikal 92,30%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I dan II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada DSK terjadi peningkatan 12,18% sedangkan KBK mengalami peningkatan sebesar42,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di kelas II SDN 9 Palu. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci : Metode SAS, Kemampuan Siswa, Membaca Permulaan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up