Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE TANYA JAWAB PADA SISWA KELAS IV SD AL-KHAIRAAT MAMBORO KECAMATAN PALU UTARA KOTA PALU
Nama: NABILLA NURSYAKINAH
Tahun: 2025
Abstrak
NABILA NURSYAKINAH.(2025). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Tanya Jawab Pada Siswa Kelas IV SD Alkhairaat Mamboro, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran kontekstual desain penelitian model Kemis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Alkhairaat Mamboro yang berjumlah 21 orang. Data dikumpulkan melalui Lembar aktivitas siswa dan aktivitas guru dan tes hasil tindakan.Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil siklus I pada pertemuan pertama siswa yang tuntas individu berjumlah 11 orang dari 21 orang siswa keseluruhan dengan persentasi tuntas individu 52,38?n daya serap klasikal 49,52%. Pada pertemuan kedua siklus I siswa yang tuntas individu 15 orang dari 21 siswa dengan persentasi 71,43?n daya serap klasikalnya 54,28%. Maka dilanjutkan ke siklus II. Hasil siklus II pertemuan pertama hasil belajar menunjukan 17 siswa yang tuntas dari 21 siswa atau 80,95% serta daya serap klasikalnya 65,71%, kemudian pada pertemuan kedua siswa yang tuntas menjadi 19 siswa dari 21 siswa atau 90,48?n daya serap klasikalnya 72,41%. Dengan demikian penerapan metode tanya jawab pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Alkhairaat Mamboro, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up