JudulANALISIS KEMAMPUAN BERINOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS V SDN 3 TOINASA |
Nama: YUYUN ELFRINA MANJARARA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Yuyun Elfrina Manjarara, 2023. Analisis Kemampuan Berinovasi Guru dalam Pembelajaran di Kelas V SDN 3 Toinasa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Muhammad Aqil S.Pd.,M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan berinovasi dalam pembelajaran? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berinovasi dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, melibatkan 24 orang siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, obervasi dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan tentang kemampuan berinovasi dalam pembelajaran di kelas V SDN 3 Toinasa sudah baik, hal ini terlihat dari responden dari siswa yang telah mengisi angket dan memberikan hasil yang positif dalam pembelajaran yang diberikan. Hal ini ditunjukan dari total responden dari hasil jawaban dari 24 responden siswa yang menunjukkan persentase baik. Jadi berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan dari beberapa alternatif indikator yang tersedia. Siswa lebih banyak memilih jawaban sangat baik dan paling sedikit menjawab kurang. Dapat ditarik kesimpulan bahwa ada kemampuan berinovasi guru dalam pembelajaran di kelas V SDN 3 Toinasa. Kata Kunci : Kemampuan Berinovasi Guru, Pembelajaran dan Siswa |