JudulPenerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Inpres 12 Baiya |
Nama: ANSAR |
Tahun: 2023 |
Abstrak Hasil pengamatan peneliti diketahui bahwa hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran IPA masih sangat kurang hal ini disebabkan karena beberapa faktor diantarannya adalah guru masih menggunakan metode ceramah didalam kelas, media yang digunakan saat proses pembelajaran hanyalah buku siswa, dan rasa keiingin tahuan siswa masih sangat kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dikelas IV SD Inpres 12 Baiya dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Media Audio Visual. Model Project Based Learning (PJBL) ini terdiri dari enam langkah yaitu, 1). Penentuan proyek, 2) menyusun perencanaan proyek, 3) menyusun jadwal proyek, 4) memonitoring pembuatan proyek, 5) presentasi hasil proyek, 6) evalusi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian kemmis dan Mc.Taggar. subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 12 Baiya yang berjumlah 21 orang. Analisis data terdiri dari analisis lembar observasi aktivitas guru, analisis aktivitas siswa dan analisis data tes hasil belajar. Pelaksanaan tes awal diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 19,04%. Pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 61,90?n pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 80,95%. Hasil aktivitas siswa siklus I dan II sebesar 73,68?n 84,21%. Hasil aktivitas guru pada siklus I dan II sebesar 78,94?n 94,73%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas IV SD Inpres 12 Baiya. Kata Kunci : Model Project Based Learning (PjBL), Media Audio Visual, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA. |