JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS 1 DI SDN INPRES PALUPI |
Nama: KHOFIFAH TUT SADIA PAKAYA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Khofifah Tut Sadia Pakaya, Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1 SDN Inpres Palupi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Muhammad Aqil S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media kartu huruf pada siswa kelas 1 SDN Inpres Palupi. Dikarenakan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru masih menggunakan metode ceramah hal ini membuat siswa bosan maka hasil belajar siswa tidak meningkat. Peneliti ini menggunakan desain penelitian tindak kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Tanggart yang tiap siklus memiliki empat tahap, yaitu: 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) observasi, dan 4) refleksi. Dengan subjek penelitian siswa kelas 1 yang berjumlah 17 orang siswa, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif.Hasil Penelitian pra tindak dalam kegiatan pembelajaran menunjukan siswa yang tuntas 5 orang dari 17 orang siswa dengan persentase ketuntasan klasikal 29?n daya serap klasikal 61,45. Pada siklus I siswa yang tuntas 7 orang dari 17 orang siswa dengan persentase ketuntasan klasikal 41,17 dan daya serap klasikal 66%. Pada siklus II siswa yang tuntas 16 orang dari 17 siswa dengan persentase ketuntasan klasikal 94,8?n daya serap klasikal 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu huruf kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Inpres di Palupi dapat meningkat. Kata Kunci: Media Kartu Huruf, Membaca Permulaan |