JudulMeningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SDN 1 Tulo |
Nama: NITA PUTRI NURHALIZA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Nita Putri Nurhaliza, 2023. Meningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SDN 1 Tulo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Muhammad aqil, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan MC Taggart yang meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Tulo. Penelitian ini terdiri dari II siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil kemampuan berbicara siswa pada siklus I diperoleh presentase daya serap klasikal sebesar 72% serta presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 72%. Sedangkan siklus II diperoleh presentase daya serap klasikal 82,04% serta presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 88%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 16%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelejaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 1 Tulo. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Model Problem Based Learning (PBL) |