JudulPengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Bejar Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP Di Kelas IV SDN 1 Talise |
Nama: DELSI FINALIA SUGIARTO |
Tahun: 2023 |
Abstrak Delsi Finalia Sugiarto (2023). “Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Bejar Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP Di Kelas IV SDN 1 Talise”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Yun Ratna Lagandesa, S.Pd.,M.Pd ?Kreativitas mengajar guru adalah bagaimana seorang guru dapat menyajikan sebuah bahan ajar kepada siswa dengan cara mengajar yang beda sehingga dapat menarik siswa untuk lebih mudah menerima dan memahami materi yang diajarkan sehingga hasil belajarnya pun meningkat. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Talise?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa di SDN 1 Talise. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas iv yang ada di SDN 1 Talise. Jumlah siswa kelas IV 15 orang. Metode penelitian ini jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dokumentasi. Dari hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa kreativitas mengajar guru di SDN 1 Talise termasuk dalam kategori baik di mana ada 13,3% atau 2 responden menyatakan kreativitas mengajar guru sangat baik dan 86,7% atau 13 responden yang menyatakan kreativitas mengajar guru baik. Sedangkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Talise termasuk dalam kategori baik 26,7% atau 4 orang siswa yang mendapatkan hasil belajar dalam kriteria sangat tinggi dan 73,3% atau 11 orang siswa yang mendapatkan hasil belajar dalam kriteria tinggi. Kemudian terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan hasil belajar siswa. Hal ini dapat di lihat dari perolehan nilai rhitung > rtabel = 0,775 > 0,514 pada taraf signifikan 95% atau ?= 0,05. Artinya Ha (Hipotesis alternatif) di terima dan H0 (Hipotesis nol) di tolak. Jadi dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Talise. Kata Kunci : Kreativitas Mengajar Guru, Hasil Belajar Siswa. |