Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembangan Bahan Ajar Luas Belah Ketupat Dengan Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Di SDN 15 Palu
Nama: NUR AZIZAH
Tahun: 2023
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahan ajar yang akan dikembangkan, kevalidan serta kepraktisan bahan ajar luas belah ketupat dengan menggunakan metode penemuan terbimbing di SDN 15 Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian pengembangan Borg and Gall. Prosedur pengembangan hanya menggunakan 7 tahap, yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan data awal; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan produk draf; 4) Uji lapangan awal; 5) Merevisi hasil uji coba; 6) Uji coba lapangan utama; dan 7) Penyempurnaan produk. Data diperoleh dari 1 sekolah yaitu SDN 15 Palu dengan melibatkan 22 siswa kelas V. Validasi produk didasarkan pada 2 aspek yaitu aspek materi dan aspek media, berdasarkan kedua aspek tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan nilai yang diperoleh dalam spesifikasi baik dan sangat baik. Pada uji coba lapangan utama untuk menguji kepraktisan bahan ajar, digunakan angket untuk melihat tanggapan siswa dan guru yang diperoleh nilai dalam spesifikasi sangat baik. Oleh karena itu, berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan terbukti bahwa bahan ajar layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika pada materi luas belah ketupat untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Luas Belah Ketupat, Metode Penemuan Terbimbing.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up