JudulPeningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model PBL(Problem Based Learning) Berbantuan Mind Mapping Di Kelas IV SDN 1 Tambarana |
Nama: KOMANG YULVITA TUMPU |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 1 Tambarana dengan menerapkan model Problem Based Learing (PBL) berbatuan Mind Mapping. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1Tambarana yang berjumlah 23 orang. Instrumen penelitian menggunakan tes akhir, lembar observasi guru, lembar obsevasi siswa , dan lembar kerja kelompok Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh 76,7?n siklus II diperoleh 94,6%. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh 73,2 dan siklus II diperoleh 89,2%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 65,21?n pada siklus II diperoleh 82,60%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa melalui Model Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping di kelas IV pada mata pelajaran IPA SDN 1 Tambarana. Kata Kunci : Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA, Model Problem Based Learning, Mind Mapping |