JudulAnalisis Kebutuhan Sumber Belajar Online Berbasis Qr Code Di SDN Sunju Kabupaten Sigi |
Nama: MOH. RUDYANSA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Moh. Rudyansa, 2023. Analisis Kebutuhan Sumber Belajar Online Berbasis QR Code di SDN Sunju Kab. Sigi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Herlina S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kebutuhan sumber belajar online berbasis QR Code di SDN Sunju Kab. Sigi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan sumber belajar online berbasis QR Code di SDN Sunju Kab. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SDN Sunju, Guru dan siswa kelas VI SDN Sunju. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil kuisioner dan pengamatan yang telah dilakuakan peneliti menyatakan bahwa siswa yang meggalami kesulitan belajar dalam masa pandemik ada 10 orang dari jumlah 15 orang siswa. Mereka melakukan pembelajaran di rumah dengan rutin karena adanya pembelajaran daring (online) pada saat pandemik, dari 15 siswa tersebut 10 siswa rata-rata mengalami kesulitan belajar dikarenakan ada beberapa faktor yaitu guru hanya keseringan mengirim tugas hanya melalui media WhatsApp saja tanpa ada menjelaskan materinya terlebih dahulu. Dapat disimpulkan bahwah kebutuhan sumber belajar online berbasis QR Code di SDN Sunju berada pada kategori cukup tinggi. Mengapa peneliti mengatakan SDN Sunju pada kategori cukup tinggi karena pada saat pembelajaran online berlangsung siswa dan guru masih kekurangan media belajar online yang lengkap dan mudah diakses oleh siswa dan guru, serta dari 15 siswa yang diteliti, 12 siswa telah mememiliki smartphone dan sekolah telah memiliki jaringan internet/Wifi. |