Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulTingkat Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Selama Belajar Dari Rumah Pasca Pandemi Covid-19 Di SDN Inpres 2 Lasoani
Nama: WANDA ARISKA PUTRI
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan literasi membaca peserta didik selama belajar dari rumah pasca pandemi Covid-19 di kelas V SDN Inpres 2 Lasoani. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik SDN Inpres 2 Lasoani. Sampel diperoleh dengan cara teknik random sampling, sehingga diperoleh peserta didik kelas V SDN Inpres 2 Lasoani dan guru wali kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan wawancara. Dalam menganalisis data penelitian, teknik yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat literasi membaca peserta didik pasca pandemi Covid-19 di SDN Inpres 2 Lasoani kelas V dari aspek tujuan membaca dan proses pemahaman berada pada kategori rendah dengan rata-rata persentase yaitu 48,72%. Terdapat 7,5% (3 peserta didik) yang memperoleh kategori sangat tinggi, 17,5% (7 peserta didik) dengan kategori tinggi, 5% (2 peserta didik) dengan kategori sedang, 37,5% (15 peserta didik) dengan kategori rendah, dan 32,5% (13 peserta didik) dengan kategori sangat rendah. Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat literasi membaca dengan persentase paling tinggi yaitu intensitas membaca di rumah yaitu 1 kali seminggu sebesar 42,50?ngan mayoritas waktu membaca buku kurang dari 30 menit sebesar 65%; orang tua tidak pernah atau hampir tidak pernah bercerita menggunakan buku bacaan sebesar 48%; dan orang tua menemani membaca buku sekali atau dua kali tiap bulan sebesar 52,50%. Kata Kunci: Belajar dari rumah, Literasi Membaca, Pasca pandemi covid-19.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up