Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeran Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Kolonodale Pada Mata Pelajaran SBdP
Nama: JESICA GREYSSYA TANGKO
Tahun: 2025
Abstrak
Jesica Greyssya Tangko, 2024. Peran Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 4 Kolonodale Pada Mata Pelajaran SBdP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Kolonodale pada mata pelajaran SBdP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Kolonodale pada mata pelajaran SBdP dapat dikatakan sudah cukup baik. Dari keenam indikator peran guru, dapat dilihat bahwa guru menunjukkan sudah cukup memenuhi perannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Namun ada beberapa kendala yang dialami guru yakni kurang lengkapnya fasilitas di sekolah dan masih kurangnya keaktifan siswa. Dalam hal ini guru dapat dikatakan cukup baik menjalankan perannya. Kata Kunci: Peran guru, Hasil belajar siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up