JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SAS DI KELAS 1 SD INPRES 4 BIROBULI |
Nama: INDRIANI YAYANG |
Tahun: 2023 |
Abstrak Indriani Yayang, 2023. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Meode SAS di kelas I Sd Inpres 4 Birobuli”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Muhammad Aqil, SPd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS). Penelitian tindakan ini mengacu pada model Kemmis & Mc. Taggart yang meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dan diterapkan pada siswa kelas I Sd Inpres 4 Birobuli dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini terdiri dari II Siklus Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan yaitu observasi dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil kemampuan membaca permulaan pada siklus I diperoleh persentase daya serap klasikal sebesar 68,65% serta persentase ketuntasan belajar klasikal 60,71%. Sedangkan siklus II diperoleh persentase daya serap klasikal 90,47% serta persentase ketuntasan belajar klasikal 89,28%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I dan II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 28,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di kelas I Sd Inpres 4 Birobuli. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci : kemampuan siswa, membaca permulaan, metode SAS |