JudulPeran Kegiatan Literasi Terhadap Hasil Belajar SBdP Siswa Kelas V Di SD Negeri Sintuwulemba |
Nama: STEVIN TANCUKO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Stevin Tancuko (2024). “Peran Kegiatan Literasi Terhadap Hasil Belajar SBdP Siswa Kelas V di SD Negeri Sintuwulemba”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kegiatan literasi terhadap hasil belajar SBdP siswa kelas V SD Negeri Sintuwulemba. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sintuwulemba yang berjumlah 12 orang. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah menerapkan budaya literasi yaitu berupa pembiasaan 15 menit membaca sebelum memulai pembelajaran sebagai pengembangan sarana literasi. Hasil persentase dari angket siswa menunjukkan bahwa sebanyak 11 orang responden menyatakan literasi menambah wawasan dan pengetahuan. Selain itu, penerapan budaya literasi mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran SBdP. Hal ini dibuktikan dengan perolehan dari nilai raport siswa. Sehingga, disimpulkan bahwa penerapan budaya literasi mempunyai peran terhadap hasil belajar SBdP siswa kelas V di SD Negeri Sintuwulemba. |