Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIdentifikasi Budaya Lokal Daerah Napu Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Dasar Negeri Winowanga
Nama: ASWINDA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Aswinda, 2024. “Identifikasi Budaya Lokal Daerah Napu Sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar Negeri Winowanga”. Skiripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Palu. Pembimbing Dr. Herlina, S.Pd.,M. Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1). Apa saja budaya lokal di daerah Napu yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar di SD, 2). Bagaimana integrasi budaya lokal didaerah Napu sebagai sumber belajar di SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daftar budaya lokal dan integrasinya yang terdapat daerah napu dan yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar di SD N Winowanga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepalah sekolah SDN Winowanga, guru kelas V, siswa kelas V dan Ketua Masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, wawancara, study pustaka, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa budaya lokal di daerah Napu yang dapat dijadikan sumber belajar di SDN Winowanga yaitu tarian tradisional, rumah adat, dan bahasa daerah. Cara mengintegrasikan budaya lokal di daerah Napu sebagai sumber belajar yaitu dengan cara menyesuaikan dengan mata pelajaran masing-masing dengan budaya. Kata kunci : Budaya lokal, Napu, Sumber Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up