JudulHubungan Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 9 Palu |
Nama: OKRIANITA DUDUNG |
Tahun: 2023 |
Abstrak Okrianita Dudung, 2023. “Hubungan Kreativitas Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 9 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Rizal S.Ag., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 9 Palu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 orang siswa. Metode penelitian ini jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dokumentasi. Dari hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa kreativitas mengajar guru di SDN 9 Palu termasuk dalam kategori sangat baik di mana semua siswa yang berjumlah 15 siswa atau 100% menyatakan kreativitas mengajar guru sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa kelas V SDN 9 Palu termasuk dalam kategori baik, terdapat 5 orang siswa atau 33,3% yang hasil belajarnya mendapatkan sangat tinggi dan 10 orang siswa atau 66,7% siswa yang hasil belajarnya medapat predikat tinggi. Kemudian terdapat hububungan yang signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan hasil belajar siswa. Hal ini dapat di lihat dari peroleh nilai rhitung > rtabel = 0,718 > 0,514 pada taraf signifikan 95% atau ?= 0,05. Artinya Ha (Hipotesis alternatif) di terima dan H0 (Hipotesis nol) di tolak. Jadi dapat di simpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan hasil belajar siswa kelas V SDN 9 Palu. |