JudulPENGEMBANGAN BAHAN AJAR LUAS JAJAR GENJANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DI SDN 15 PALU |
Nama: TRI ZISCA WIDANG WATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan menurut Borg & Gall. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan bahan ajar luas jajar genjang dengan menggunakan metode penemuan terbimbing di SDN 15 Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Reseacrh and Development menurut Borg and Gall dengan 7 tahapan, yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan data; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan produk draf; 4) Uji lapangan awal; 5) Revisi hasil uji coba lapangan awal; 6) Uji lapangan utama; 7) Penyempurnaan produk. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket kevalidan dan lembar angket kepraktisan. Data diperoleh dari validator materi, validator media, guru dan siswa. Hasil penilaian uji kevalidan materi dan media menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sudah termasuk dalam kriteria baik dan sangat baik. Sedangkan penilaian uji kepraktisan dari guru dan siswa diperoleh hasil dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji kepraktisan disimpulkan bahwa bahan ajar luas jajar genjang dengan menggunakan metode penemuan terbimbing termasuk dalam kriteria valid dan praktis sehingga layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika. Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Luas Jajar genjang, Penemuan Terbimbing. |