JudulPENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 TALISE |
Nama: SINDI SAFITRI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Sindi Safitri, 2023. Penggunaan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Negeri 1 Talise. Skripsi. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nur Rahma, S.Si., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SDN 1 Talise dengan menggunakan model problem based learning. Jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan MCTaggart. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 23 orang. Hasil penelitian dapat terlihat dari peningkatan pratindakan, siklus I dan siklus II. Hasil awal pratindakan diperoleh dari hasil ketuntasan belajar siswa rata-rata sebesar 26,08%, siklus I meningkat menjadi 60,86?n pada akhir siklus II meningkat menjadi 82,60?ngan kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 73,33?ngan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 90?ngan kategori baik sekali. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 67,85?ngan kategori baik dan terdapat peningkatan pada siklus II sebesar 83,92?ngan kategori baik sekali. Peningkatan pada kemampuan berpikir kritis tidak terlepas dari pentingnya penggunaan model pembelajaran yang digunakan. Penerapan model pembelajaran ini dapat membantu semangat belajar siswa melalui permasalahan nyata yang disajikan guru dengan orientasi masalah yang bersifat kontekstual.Permasalahan yang berkaitan dengan kontekstual dapat merangsang rasa ingin tahu siswa dan menstimulus kemampuan berpikir kritis untuk memecahkan masalah yang ada. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA. Kata Kunci: berpikir kritis, IlmuPengetahuan Alam, problem based learning (PBL) |