JudulPenerapan Model Make A Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas V Di SDN 1 Talise |
Nama: MURNI A. KANOLI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Murni A. Kanoli, 2023.”Penerapan Model Make A match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas V Di SDN 1 Talise. Hasil Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Sarintan N Kaharu, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan tipe Make A Match di kelas V. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V SDN 1 Talise Tahun Ajaran 2022/2023 berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus memiliki tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi dan teknik analisis data dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Pada prasiklus penelitian ini ketuntasan belajar siswa sebesar 39,13%. Kemudian pada siklus 1 diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 69,56?ngan peningkatan hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 30,43?ngan menggunakan model pembelajaran Make A Match, pada siklus II ketuntasan belajar siswa yaitu 86,95% yang menunjukkan semakin adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 17,39?ri tindakan siklus 1 ke siklus II. Data hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Talise menunjukkan adanya peningkatan sebesar 60,87?ri ketuntasan belajar siswa dari pra siklus, siklus 1 ke silkus II. Hasil aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 75% naik ke siklus II sebesar 95% sedangkan aktivitas siswa pada siklus 1 sebesar 70% naik ke siklus II sebesar 95%. Artinya terdapat kenaikan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan aktivitas guru dan siswa dari siklus 1 ke II. Sehinggah dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Talise. Kata Kunci : Hasil Belajar, Make A Match, Pembelajaran IPA ABSTRACT Murni A. Kanoli, 2023. Application of the Make A Match Model in Enhancing Creativity and Student Learning Outcomes in Grade V Science Class at SD Negeri 1 Talise. Results of Elementary School Teacher Education Study Program. Education Sciences Department. Faculty of Teacher Training and Education. Tadulako University. Supervisor Sarintan N Kaharu, S.Pd., M.Pd. The study aims to improve students’ learning outcomes using Make A Match type in Class V. The type of research conducted is Class Action Research. The subject in this study was the overall student grade V SDN 1 Talise Year Teaching 2022/2023 totaled 23 students. The study was conducted in two cycles. Each cycle has a stage of planning, implementation of action, observation and reflection. Data collection techniques use tests, observations, and documentation and data analysis techniques with quantitative and qualitative analysis. In this research classiclus, the student’s learning finance is 39,13%. Then in cycle 1 obtained the completeness of students' learning by 69.56% with the increase of student learning results from the classic to the cycle 1 by 30,43% using the learning model Make A Match, in cycle II student learning finance which is 86.95% which indicates the increasing student learning outcomes of 17.39% from cycle action 1 to cycle II. Student results data from grade V SDN 1 Talise showed an increase of 60.87% of student learning from pre-cycle, cycle 1 to silkus II. Teacher activity results in cycle 1 of 75% rise to cycle II of 95% while student activity in cycle 1 of 70% rise to cycle II of 95%. This means that there is a significant increase between student learning outcomes and teacher and student activities from cycle 1 to II. This can be concluded that in the application of Make A Match model can improve the learning outcomes of grade V SDN 1 Talise students. Keywords : Learning Results, Make A Match, IPA Learning |