JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SD IPRES 3 TONDO |
Nama: NURJAYANTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Nurjayanti, 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Menggunakan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Energi Kelas IV SD Inpres 3 Tondo”. Skirpsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Sarintan N Kaharu, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) menggunakan media video animasi berbasis aplikasi powtoon terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber energi kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV SD Inpres 3 Tondo Tahun Ajaran 2022/2023 berjumlah 51 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah instumen tes soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample t Test yang dianalisis menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis hasil uji Paired Sample t Test diperoleh nilai signifikan (Sig. 2-tailed) dari Pretest dan Postest kelas eksperimen sebesar 0,000<0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) menggunakan media video animasi berbasis aplikasi powtoon terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber energi kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Kata Kunci: Model pembelajaran Course Review Horay (CRH), Video animasi, Aplikasi Powtoon, Hasil belajar, Sumber Energi. |