Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Materi Perkalian Bilangan Bulat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Inpres 3 Tondo
Nama: DIAN RISKITA A.R PARINU
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi perkalian bilangan bulat terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres 3 Tondo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI B (Kelas Eksperimen) dan siswa kelas VI A (Kelas Kontrol). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan test, yakni pre-test untuk mengetahui kemampuan awal dan post-test untuk mengetahui kemampuan akhir. Hasil dari uji normalitas menunjukkan nilai signifikan diperoleh dari nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,000 < 0> 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak dan hasil uji effect size Cohen’s d menunjukkan 0,429 dengan kriteria rendah, artinya tidak ada pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi perkalian bilangan bulat terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres 3 Tondo. Kata kunci: Pengaruh, Modul berbasis Kontekstual, Hasil Belajar, Perkalian Bilangan Bulat

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up