JudulANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS IV SD INPRES 2 BALINGGI |
Nama: NI LUH PUTU EGHA SELSIANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Ni Luh Putu Egha Selsiani, 2023.“Analisis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas IV SD Inpres 2 Balinggi”. Hasil, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Andi Imrah Dewi, S.Pd.,M.Sn. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pendidikan Karakter pada Pembelajaran SBdP Di kelas IV SD Inpres 2 Balinggi dan Nilai-nilai karakter apa saja yang diterapkan pada Pembelajaran SBdP di kelas IV SD Inpres 2 Balinggi, dengan jumlah Responden 23 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Observasi, Angket, Wawancara, dan Dokumentasi dengan metode penelitian “Deskriptif Kualitatif”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan karakter di kelas IV SD Inpres 2 Balinggi sudah terlaksana dan berjalan dengan baik. Adapun nilai-nilai karakter yang diterapkan pada pembelajaran SBdP di kelas IV yaitu Jujur, Rasa ingin tahu, Kreatif, dan Tanggung Jawab. Dimana penerapan nilai Jujur diantaranya yaitu siswa tidak mengambil barang-barang milik teman maupun milik sekolah dan siswa selalu meminta izin kepada teman jika ingin meminjam alat menggambar, siswa tidak menyontek atau meniru gambar milik teman, siswa berterus terang jika melakukan kesalahan, siswa melaporkan kepada guru jika ada teman yang menyontek ide gambar milik teman lain, jumlah persentase 84,34?ngan klasifikasi tinggi. Penerapan nilai Rasa Ingin Tahu diantaranyayaitu siswa selalu bertanya kepada guru apa yang mereka tidak mengerti, siswa berusaha belajar menggambar menggunakan sumber google agar mendapatkan hasil yang indah, siswa selalu belajar dari hasil kritikan temannya, jumlah persentase 80,43?ngan klasifikasi tinggi. Penerapan nilai Kreatif yaitu dengan siswa menghasilkan gambar yang indah sesuai dengan imajinasinya, beberapa siswa menggunakan warna-warna yang menarik untuk menghasilkan gambar yang unik dan indah, dan siswa menggambar dengan kreasinya sendiri-sendiri kemudian menghasilkan gambar yang berbeda dari temannya yang lain, jumlah persentase 84,13?rngan klasifikasi tinggi. Dan terakhir penerapan nilai Tanggung Jawab yaitu siswa selalu mengumpulkan tugas menggambarnya tepat waktu, guru selalu mengarahkan siswa untuk selalu membawa alat menggambar sesuai dengan jadwal yang ada, guru selalu mengajarkan siswa untuk bertanggung jawab saat meminjam barang milik teman dan selalu ingat mengembalikannya setelah selesai digunakan, jumlah persentase 85,65?ngan klasifikasi tinggi. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya |