JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Mayoa |
Nama: KADEK YUDI PARMANTO |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melakukan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Mayoa. Model STAD ini terdiri dari enam langkah, yaitu 1) Menyampaikan semua tujuan pembelajaran, 2) Menyajikan informasi kepada siswa, 3) Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, 4) Membimbing kelompok-kelompok belajar, 5) Mengevaluasi hasil belajar, 6) Menghargai upaya hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 5 Mayoa yang berjumlah 22 orang. Analisis data terdiri dari analisis lembar observasi aktivitas siswa, aktivitas guru, dan analisis data tes hasil belajar. Pelaksanaan tes awal diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 27,27%. Pada siklus I dan siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 59,09?n 86,36%. Hasil aktivitas siswa siklus I dan siklus II sebesar 75,56?n 89,06%. Hasil aktivitas guru siklus I dan siklus II sebesar 87,5?n 96,31%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dsimpulkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV materi kayanya negriku di SD Negeri 5 Mayoa. Kata Kunci : Model Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA ABSTRACK This study aims to apply the STAD Type Cooperative Learning Model in Improving Science Learning Outcomes for IV Grade Students at SD Negeri 5 Mayoa. The STAD model consists of six steps, namely 1) Delivering all learning objectives, 2) Presenting information to students, 3) Organizing students into study groups, 4) Guiding study groups, 5) Evaluating learning outcomes, 6) Appreciate the efforts of learning outcomes. This type of research is classroom action research (CAR) using the research design of Kemmis and Mc. Taggart. The subjects of this study were 22 grade IV students at SD Negeri 5 Mayoa. Data analysis consisted of analysis of student activity observation sheets, teacher activities, and analysis of learning achievement test data. The implementation of the initial test obtained student learning completeness of 27.27%. In cycle I and cycle II, students' learning completeness was 59.06% and 86.36%. The results of student activities in cycle I and cycle II were 75,56% and 89,06%. The results of teacher activity cycle I and cycle II were 87,5% and 96,31%. Based on these results it can be concluded that the application of the STAD learning model can improve the Science Learning Outcomes of Grade IV Students on the material rich in my country at SD Negeri 5 Mayoa. Keywords: Student Team Achievement Division (STAD), Learning Outcomes, Science Subjects |