Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI SDN LASOANI
Nama: ZASKHIYA PUTRI ARDIANTI
Tahun: 2023
Abstrak
Zaskhiya Putri Ardianti, 2023. Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Materi Penjumlahan Bilangan Bulat Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI SDN Lasoani. Skripsi Program Studia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mufidah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi penjumlahan bilangan bulat terhadap minat belajar siswa kelas VI SDN Lasoani. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain quasi eksperimen. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VI SDN Lasoani yang berjumlah 41 siswa. Siswa kelas eksperimen berjumlah 21 siswa dan kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Instrument yang digunakan penelitian adalah angket yang telah di validasi. Penelitian ini menggunakan analisis data uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test menggunakan SPSS for windows versi 25, hasil hipotesis di uji dengan uji effect size. Hasil uji-t menunjukan pengaruh signifikansi sebesar 0,00< 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai besaran effectnya 1,38. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh modul pembelajaran berbasiskontekstual terhadap minat beljar siswa kelas VI SDN Lasoani. Kata kunci : Modul Kontekstual, Minat Belajar, Penjumlahan Bilangan Bulat

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up