JudulPENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN BULAT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI SD INPRES 3 TONDO |
Nama: NI KADEK SIKA DEVANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi perkalian bilangan bulat terhadap minat belajar siswa kelas VI SD Inpres 3 Tondo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk control group pre-test Post-test design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Inpres 3 Tondo yang berjumlah 46 orang. Kelas eksperimen berjumlah 23 orang dan kelas kontrol berjumlah 23 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa angket, analisis data menggunakan uji Paired Sample T-test dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan program SPSS versi 25.Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig.( 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka hipotesis Ha diterima dan Ho di tolak, artinya modul pembelajaran berbasis kontekstual materi perkalian bilangan bulat berpengaruh terhadap minat belajarSiswa Kelas VI SD Inpres 3 Tondo. Hasil uji effect size dengan menggunakan rumus cohen’s d memperoleh nilai sebesar 0,588 dengan presentase sebesar 69 % yang termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci : Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual, Materi Perkalian Bilangan Bulat, Minat Belajar |