JudulIDENTIFIKASI MAKANAN TRADISIONAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SDN 1 TAMBUN KABUPATEN TOLITOLI |
Nama: HAMDANA ANSHAR |
Tahun: 2025 |
Abstrak Hamdana Anshar, 2025. Identifikasi Makanan Tradisional Sebagai Sumber Belajar Di SDN 1 Tambun Kabupaten Tolitoli. Hasil Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Herlina, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini makanan tradisional apa yang berpotensi dan berpeluang dijadikan sebagai sumber belajar di kelas 3 SD Negeri 1 Tambun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan makanan tradisional kabupaten tolitoli yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar di kelas 3 SD Negeri 1 Tambun Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desain fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah SD Negeri 1 Tambun, Wali kelas 3, siswa kelas 3, dan tokoh masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa SD Negeri 1 Tambun merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Tolitoli yang sudah mengintegrasikan budaya lokal pada kurikulumnya, pelajaran tersebut juga masuk dalam RPP. Kesimpulan pada penelitian ini di kelas 3 SD Negeri 1 Tambun bahwa terdapat makanan tradisional yang berpotensi dan berpeluang dijadikan sebagai sumber belajar yaitu langgadeang dan kalrimpiut, kedua makanan tersebut sudah jarang didapatkan dan hanya ada pada waktu-waktu tertentu saja. Hal ini dibuktikan dengan makanan tersebut merupakan makanan tradisional dan terdapat bahan pokok yang ada dalam makanan sehat, tetapi belum diintegrasikan ke dalam pembelajaran dan memiliki potensi untuk di masukkan ke dalam pembelajaran pada Buku Tematik K13 Kelas 3 Tema 1 “Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup” Subtema 2 “Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia” dan pada Tema 4 “Kewajiban dan Hakku” Subtema 3 “ Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga”. Kata Kunci : Makanan Tradisional, Sumber Belajar |